Sunday 19 December 2010

Rangkuman Eksekutif

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro berdasarkan SK yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam. No : DJ.I/220.C/2007, tertanggal 28 Mei 2007 dan ditandatangani oleh Direktur Pendidikan Islam.
            Program Studi PBI STAIN Jurai Siwo Metro memiliki visi sebagai berikut: terwujudnya tenaga profesional di bidang kependidikan Bahasa Inggris  yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman dan dimensi akademik sehingga berdaya saing tinggi .
            Adapun misi Program Studi PBI STAIN Jurai Siwo Metro adalah sebagai berikut:
1.     Mengembangkan kepribadian mahasiswa melalui peningkatan wawasan, pendalaman dan penghayatan kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara dalam nilai-nilai budaya Islami.
2.     Membangun dan mengembangkan suasana akademik yang humanis, demokratis, dan modern.
3.     Menumbuhkan etos profesionalisme melalui penguasaan landasan teoritis keilmuan yang memadai dan penerapan praktis yang efektif.
4.     Memberikan layanan pendidikan yang bermutu sehingga menghasilkan calon tenaga pendidik yang cerdas, terampil, dan berakhlak mulia.
5.     Menerapkan sistem pendidikan terpadu yang mampu memberikan sumbangan yang berarti bagi pengembangan pendidikan.
Visi dan misi di atas melingkupi seluruh mahasiswa Program Studi PBI yang sebagian besar berasal dari berbagai daerah di Propinsi Lampung sementara sebagian kecil lainnya berasal dari luar Propinsi Lampung. Dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 534 mahasiswa, dan presentase IPK tiap semester yang berada pada interval 2,64 – 3,74, visi misi tersebut diharap dapat terwujud.
Selanjutnya, berdasarkan visi dan misi di atas, dirumuskan sasaran dan tujuan Program Studi PBI yaitu:
1.     Menyiapkan mahasiswa menjadi guru Bahasa Inggris yang berkepribadian muslim, menghayati nilai-nilai kemaslahatan umat, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta mampu menjadi agen perubahan (agent of change) dalam masyarakat.
2.     Menyiapkan mahasiswa menjadi guru Bahasa Inggris yang professional yang dapat menerapkan, mengembangkan, menyebarluaskan pendidikan Bahasa Inggris dalam semangat ke-Islaman.
3.     Memberikan sumbangan yang berarti bagi pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris dan kebudayaan Islam demi kemaslahatan masyarakat.
Program Studi PBI STAIN Jurai Siwo Metro diasuh oleh dosen tetap institusi, dosen tidak tetap institusi, dan dosen luar biasa dengan kualifikasi pendidikan sebagai berikut: berpendidikan S3 sebanyak 4 orang, berpendidikan S2 sebanyak 19 orang, dan berpendidikan S1 sebanyak 3 orang.
Di dalam proses pembelajarannya, Program Studi PBI memadukan Kurikulum Nasional dan Muatan Lokal dengan rasio perbandingan kurang lebih 60% : 40%. Perpaduan tersebut dijabarkan ke dalam lima klasifikasi mata kuliah yaitu: (1) Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) sebanyak 13, 64%, (2) Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) sebanyak 42,21%, (3) Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) sebanyak 20,78%, (4) Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB) sebanyak 15,58%, dan (5) Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) sebanyak 7,79%. Pengklasifikasian mata kuliah tersebut juga merupakan cerminan dari perpaduan antara muatan nasional program studi PBI dan muatan ke-Islaman sebagai ciri khas lembaga.

No comments:

Post a Comment